Ciri Khas Dan Tempat Wisata Terbaik Di Tasikmalaya


Ciri Khas Dan Tempat Wisata Terbaik Di Tasikmalaya - Tasikmalaya, satu kota di Priangan Timur dengan berbagai pilihan wisata. Cukup satu kota dengan sajian wisata yang lengkap dari wisata dalam kota, kuliner, kerajinan, dan alam. 

Lahir dan besar di Kota Tasikmalaya membawa saya mudik lebaran tahun 2020 ini atau aktifitas pulang kampung ke kota meskipun saya bukan keturunan Sunda. Sebelas tahun meninggalkan kota tercinta, selalu membuat saya rindu dengan kekhasan daerah Sunda pada tempat yang biasa disebut juga sebagai "kota resik".

Perjalanan dari Jakarta ke Tasikmalaya bisa ditempuh dengan pejalanan darat sekitar lima jam, atau hanya sekitar 2-3 jam dari Bandung. Untuk transportasi umum bisa ditempuh dengan bis dari kelas ekonomi hingga eksekutif.

OBJEK WISATA TERBAIK DI TASIKMALAYA


Untuk Wisata, Arena Taman Bermain di Tasikmalaya yang ada di pusat kota bisa dilakukan dengan jalan kaki, atau bersantai dengan becak kecuali di jalan protokol yang tidak dapat dilalui becak (forbidden)

Gambar Taman Kota Tasikmalaya Yang Baru , yang berada tepat di pertigaan jalan Masjid Agung Kota Tasikmalaya


Gambar Taman Kota Tasikmalaya Yang Baru

Masih di kota namun bukan di jalan-jalan utama ada beberapa kolam renang umum dari pemandian air panas hingga water park ,Water Boom Tasikmalaya.

Belum lagi bermacam rumah makan dengan saung-saung khas Sunda dengan pemandangan sawah atau kolam ikan yang disebut balong. Namun cukup banyak tempat wisata terkenal dan terlaris di tasikmalaya , seperti di bawah berikut ini :
  • Gunung Galunggung
Objek Wisata Terbaik Di Tasikmalaya

Tasikmalaya punya wisata alam Gunung Galunggung yang pernah meletus di tahun 1982 merupakan gunung berapi yang masih aktif, namun selama tidak ada penutupan berarti kawasan wisata ini aman untuk dikunjungi. 

Selain ratusan anak tangga yang menjadi tantangan di dalamnya, terdapat pula pemandian air panas berupa kolam renang, juga sungai dangkal dengan air gunung yang mengalir.
  • Situ Panjalu
Gambar Wisata Terbaik Situ Panjalu - Ciamis - Tasikmalaya

Tidak jauh dari pusat kota juga ada Situ Panjalu, yang merupakan danau buatan dengan daya tarik khusus. Sering dijadikan tempat piknik keluarga atau kelompok anak sekolah. Pengunjung bisa menaiki rakit untuk menikmati pemandangan di sekitar situ. 

  • Jembatan Cirahong di Manonjaya
Gambar Jembatan Paling Seram Angker - Cirahong Tasikmalaya

Jembatan ini hanya bisa dilalui satu jalur sehingga kerap kali harus dijaga di ujung-ujung jembatan agar tidak ada bentrokan arah. 

Di atas jembatan sepanjang 202 meter adalah rel kereta api, fantastik Jembatan Cirahong yang lebaranya hanya sekitar dua meter itu berada di atas pemandangan sungai dan sawah yang curam namun indah. 

  • Pantai Cipatujah
Objek Wisata Terbaik Di Tasikmalaya - Pantai Cipatujah



  • Objek Wisata Situ Gede
Objek Wisata Terbaik Di Tasikmalaya - Situ Gede


Objek Wisata Terbaik Di Tasikmalaya - Situ Gede


PUSAT BELANJA MURAH DI TASIKMALAYA

PUSAT KOTA TASIKMALAYA Tasikmalaya juga punya wisata dalam kota. Saat ini, mal terbesar di wilayah Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya ,Ciamis, Banjar) berada di Kota Tasikmalaya, letaknya di Jl KH Z Mustofa. Perjalanan dalam kota bisa dimulai dari ujung jalan protokol ini yakni Masjid Agung Tasikmalaya. 

Di halaman Mesjid Agung ini terdapat satu bedug yang merupakan bedug salah satu bedug terbesar (diameter 2,02 meter) yang pernah dibawa keliling sepuluh kota pada "Parade Bedug 2007". 

Di sekitar jalan protokol ini banyak pertokoan, dan akan menjadi berkali-kali ramainya di saat menjelang Lebaran atau Tahun Baru. Dari jalan utama ada jalan-jalan cabang yang bisa membawa kita ke banyak lokasi lainnya. Mundur ke belakang salah satunya adalah bekas pusat pemerintahan kota, di ujung jalannya terdapat alun-alun kota yang biasa dijadikan pusat ngabuburit pada bulan Ramadhan. 

Pusat pertokoan paling ramai dan cukup padat di Tasikmalaya Lainnya berada di Jalan KHz Mustofa, disana terdapat beberapa Departement Store terbesar seperti Samudera, Yogya Dept.Store, Agung Dept Store, dan lain-lain , kemudian di percabangan Jalan Cihideung yang merupakan Pusat Pertokoan Emas Tasikmalaya, Jalan Pataruman, Pasar Mambo dan Jalan Panyerutan dengan berbagai gerai kuliner. 

PUSAT BORDIRAN TERMURAH TASIKMALAYA

Untuk masalah kerajinan, jangan ditanya lagi, Tasikmalaya sebagai Pusatnya Bordiran, he he he ... kawasan khusus pengrajin bordir yang kemudian produk- produknya dikirim ke pusat perbelanjaan di Jakarta, dari pameran tingkat nasional hingga internasional. Selain itu ada juga kelom geulis Tasikmalaya, sendal kayu/bakiak khusus wanita dengan ukiran, lukisan, dan desain khusus. 

Seperti banyak wilayah di Jawa, Tasikmalaya pun memilik motif Batik khusus, pusat Batik Tasik ada di Kampung Cigeureung. Selain itu, satu kawasan Kerajinan yang terkenal dan selalu dipenuhi mobil-mobil dari luar kota saat musim liburan adalah Rajapolah. Dari mulai pengrajin hingga gerai-gerai toko kerajinan anyaman dan sejenisnya berkumpul di sini. Setiap singgah selalu ada saja yang saya ingin beli. 

Itulah beberapa Ciri Khas Dan Tempat Wisata Menarik Di Tasikmalaya yang mudah mudahan dapat membantu Anda yang tengah mencari informasi seputar Ragam dan Ciri Khas Kabupaten Tasikmalaya.

Kuliner Ternikmat Dan Terlaris DI Tasikmalaya

Kuliner Terlezat Dan Terlaris Di Tasikmalaya
Mie Baso Khas Tasikmalaya

Dari mulai mie yamien bakso restoran milik Etnis Tionghoa, Mie Baso Ojolali , mie baso Pak Yayat Putra Sunda (Baso Urat Di Kecamatan Kawalu) ,rumah makan bakso ceker lunak asli Sunda semua ada di kota ini, dan menggoyang lidah. 

Bagi yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Jawa Tengah dengan jalur selatan patut mencoba singgah ke kota ini. Selain mie bakso, sajian kuliner terbaru khas sangat menggugah rasa ingin berburu makanan nikmat di Tasikmalaya. 

Dari mulai Seblak Ceker Tasik, Seblak Seuhah, Colenak, Cireng isi, Martabak Ramayana, Nasi Tutug Oncom disingkat Nasi T.O dan Nasi Cikur yang 100% Khas Sunda banget, kota ini juga menyajikan berbagai bakso nikmat. 

Jajanan masa sekolah pun selalu dirindukan dan banyak bertebaran di pinggir-pinggir jalan seperti cakwe, cimol, cilok,bandros, surabi haneut, dan gorengan macam bala-bala alias bakwan, gehu alias tahu isi, cireng, dan lain-lain. 

Di bulan Ramadhan jajanan tajil tiada duanya, seperti candil atau biji salak, kolak hui atau ubi sederhana namun citarasa tinggi karena memakai gula asli. Belum lagi es sarang burung, es cendol dan es campur yang sangat digemari. 

Kuliner Khas Kota Tasikmalaya murah meriah namun dengan cita rasa luar biasa.