Peluang Bisnis Menjanjikan DI Tasikmalaya Selain Usaha Bordir Busana Muslim


Apa sajakah Peluang Bisnis Menjanjikan DI Tasikmalaya Selain Usaha Bordir Busana Muslim ? Ada beberapa Industri kreatif menjadi andalan pariwisata Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal ini menunjukan betapa eratnya kaitan pariwisata di tasikmalaya dan ekonomi kreatif. "Industri kreatif dan pariwisata tak bisa dipisahkan karena wisatawan tidak hanya menikmati pemandangan tapi juga menikmati kreativitas suatu daerah, 


Contoh Bisnis & Lahan Usaha Di Tasikmalaya Paling Sukses

Kerajinan-Kerajinan Khas Tasikmalaya Yang Paling Laris
Gambar Kerajinan Tas Khas Rajapolah

Kota Tasikmalaya memiliki delapan sentra industri kreatif yang tersebar di berbagai kecamatan di kota ini. Para wisatawan memang diarahkan untuk berbelanja langsung ke produsen- produsen kerajinan tangan. Karena dibeli dari tangan pertama, harganya pun sangat terjangkau. Contohnya kelom geulis yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 30.000 per pasang. Banyaknya kerajinan tangan yang khas dan harga yang terjangkau,menjadikan Kota Tasikmalaya surga bagi para penggemar wisata belanja. "Uniknya Kota Tasikmalaya industri kreatifnya tersebar. Tasikmalaya kulturnya sangat kuat untuk menjadi entrepreneur.

Masing-masing kecamatan mempunyai sentra industri sendiri- sendiri, sebagian besar industri kreatif ini sudah ada sejak masa Belanda. Menariknya, beberapa industri tak memiliki bahan baku, sehingga pembuatannya lebih ke tahap proses pengolahan bahan baku. "Ini artinya kekuatannya di SDM (sumber daya manusia), kreativitasnya. Seperti bordir. Mesin kita tidak punya, kain tidak punya. Yang punya itu pabrik di Bandung dan Majalengka. 

Kelom Geulis Khas Tasikmalaya Sebagai Lahan Usaha Terbaru
Gambar Kelom Geulis Khas Tasikmalaya - Gobras

Tapi bordir berkembangnya di sini (Tasikmalaya) ,Namun, beberapa industri seperti anyaman mendong memang berkembang di kecamatan yang memiliki bahan baku tersebut. Mendong adalah sejenis rumput yang tingginya mencapai satu meter dan tumbuh di rawa-rawa. "Tapi karena tidak cukup, mendong didatangkan juga dari Yogyakarta dan Sleman. Sawah punya Pemkot pun sampai ditanami rumput mendong. Ini diolah jadi tikar, sajadah, pokoknya kerajinan anyaman.

Kedelapan industri kreatif di Kota Tasikmalaya antara lain batik Tasikmalaya di Kecamatan Cipedes, bordir di Kecamatan Kawalu, kelom geulis di Kecamatan Taman Sari, payung geulis di Kecamatan Indihiang, alas kaki di Kecamatan Mangkubumi, mebel di daerah Tawang, anyaman pandan, dan anyaman mendong di Kecamatan Cibereum. Selain industri kreatif, Tasikmalaya menawarkan suasana pedesaan yang masih asri. Seperti diungkapkan Wakil Walikota Tasikmalaya Dede Sudrajat, andalan kota tersebut selain kenyamanan lingkungan juga keramahtamahan masyarakat setempat. "Sejumlah seni dan budaya di Tasikmalaya menghibur tamu yang datang. 

Kuliner kami yang khas tradisional. Naik becak menuju pelosok titik-titik wisata kuliner di Tasikmalaya," ungkap Dede. Ia menambahkan, jika dipadukan dengan Kabupaten Tasikmalaya, maka wisatawan bisa menikmati wisata yang lebih lengkap, misalnya berkunjung ke Kampung Naga. "Ada sejumlah obyek wisata tak hanya di kota tetapi juga di kabupaten, karena tak jauh jaraknya," tutur Dede. Sebuah bandara baru akan dibangun di Kabupaten Majalengka. 

Jika bandara ini jadi, maka akses menuju ke Tasikmalaya akan semakin mudah dan cepat. Biasanya, wisatawan masuk ke Tasikmalaya melalui Kota Bandung. Dari Kota Bandung ke Kota Tasikmalaya memakan waktu empat jam perjalanan darat.

Memang beragamnya Ciri Khas Di Tasikmalaya, sehingga orang banyak menyebut Kota Tasikmalaya dengan beberapa Julukan, seperti Kota Santri, Kota Bordiran, Tasik Kota Bersinar, Kota Resik, Kota Kerajinan, Sentra Anyaman Tasik, Waaah...Wah..Wah.., saya sendiri kadang bingung, yang benar julukannya yang mana yaaaah?? Tapi apapun dan bagaimanapun Kota Tasikmalaya adalah Surga Bagi Para Pengunjung sekaligus Para Wisata Alam maupun Wisata Kuliner. Ga Percaya? Silahkan saja Anda berkunjung ke Tasikmalaya