Perbedaan Mesin Bordir Manual Dan Mesin Bordir Komputer


Apa dan Bagaimana Perbedaan Mesin Bordir Manual Dan Mesin Bordir Komputer ? Dari sekian banyaknya Industri rumahan,menengah dan pabrikanan di kampung Saguling kecamatan Kawalu, Kabupaten Tasikmalaya. Selain mesin bordir manual (juki) ada juga sistem cara bordiran dengan komputer (automatic) , meski mulai era tahun 1998 sudah memperkenalkan teknik mesin bordiran komputer, namun masih ada juga sebagian pengusaha bordiran yang menggunakan Teknik Bordir Manual alias kejek dan juki.


Perbedaan Mesin Bordir Manual Dan Mesin Bordir Komputer
Mesin Bordir Manual Atau Juki

Contoh Mesin Bordiran Juki Dan Komputer Bordir 2018
Mesn Bordir Komputer
Dilihat dari sisi kemudahan nya sudah jelas, bahwa mesin bordir komputer terbilang lebih praktis dan ekonomis, lebih banyak menghemat waktu dan tenaga, sebab hanya mengandalkan operator-operator dalam tata cara pembuatan produksi bordirannya. Tergantung juga dari sisi ke handalan mekanik/operator dalam menjalankan sebuah mesin. Selebihnya di kerjakan oleh komputer yang bekerja secara terus menerus selama 24 jam sehari nonstop !! 

Sementara Mesin Bordir Manual (Juki) yang masih di pertahankan keberadaan nya, di sinyalir masih tetap ada di beberapa para produsen di Tasikmalaya, kenapa? Tentu saja hasil daripada Mesin Bordiran manual, cenderung lebih banyak di gemari di pasaran ketimbang hasil dari mesin bordir komputer, sebab langsung menghadirkan hasil karya dari sang pembordir itu, intinya hasil bordiran manual lebih punya karya seni tersendiri, daripada hasil mesin komputer yang hanya mengandalkan rajutan rajutan hasil robot :) 
Dan satu hal,, ongkos pembuatan dari seorang pekerja bordir manual jauh lebih mahal daripada upah para operator mesin komputer embroidery 

Perbedaan Mesin Bordir Manual Dan Mesin Bordir Komputer - Memang sudah Mayoritas mempunyai mesin bordir komputer, tak heran jika Anda pernah melintasi daerah di Jalan Saguling Babakan - hingga Akhir Saguling Panjang - Cilamajang - Kereteg , bahkan sampai batas Kecamatan Mangkubumi, Akan terdengar bunyi khas bising mesin mesin komputer bordir.

,Walau demikian,bukan berarti Industri bordir Yang menggunakan sistem manual / Juki tidak lekas ditinggalkan oleh sebagian Pengusaha di Kawalu, tentu masih ada yang lebih meminati seni khas bordiran Manual.