/> Cara Menjahit Mukena Anak
Info Fashion Terbaru
Berita Fashion Terkini 2015

Selamat Datang . Anda Memasuki Blog Informasi Busana Dan Fashion Terkini 2015...


Info Fashion Dan Lifestyle Terbaru 2015

Berita Fashion Indonesia Dan Busana Muslim Terkini











Wednesday, 25 January 2012



Cara Menjahit Mukena Anak - Bagaimana cara menjahit /  membuat busana muslim terbaik bagi anak? Cara-cara bikin mukena anak terbaru yang cantik dan pantas bagi si buah hati tercinta.

Sejak melihat kaori chan semangat ikut sholat bareng2. Jadinya kepikiran untuk membuatkan mukena. Yaa..niatannya sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu, bahkan kainnya udah beli dari dulu waktu ada sale. Tapi waktu itu keburu sibuk nulis tesis, jadinya terbengkalai deh. Kalau mau gampang sebenarnya bisa aja impor mukena dari indonesia, tp malu ngerepotin ortu terus, lagian biaya kirimnya jg lumayan.

Setahun lalu alhamdulillah menemukan kain murah disini, 5mx1,2m harganya mungkin sekitar 75 ribu rupi ah. Yaa..kainnya juga sederhana sih, polosan. Setelah diukur2 bisa untuk mukena 1 pasang ibu dan anak, lumayan kan? Yaa..tidak termasuk sajadah dan tasnya sih,

Buat sajadahnya aku beli lagi kain flanel di 10 0yen shop. Kalau untuk hiasan renda bawah, alhamdulillah ada sisa2 kain putih yang tidak terpakai (inilah gunanya menyimpan kain perca :D).

Karet elastik buat bawahan mukena juga sisa2 bikin topi dulu. Jadi kalau mau ditotal modalnya mungkin sekitar 90ribu rupiah (mukena ibu, mu kena anak, sajadah anak dan tas anak). 

Cara Menjahit Mukena Anak
Tas Mukena Anak Terbaru

Yaa...walaupun dekorasinya seadanya, menyesuaikan modal he..he..tapi lumayanlah secara harga bahan baku standar Jepang lebih mahal dibanding Indonesia.

Membuat mukena sebenarnya ga sulit kalo mau polosan, tapi kalau ingin tampak cantik seperti yang dijual di toko2 memang sedikit lebih r ibet. Butuh sedikit telaten menjahit step demi step. Cuman kelemahan menjahit sendiri disini susah mencari tempat buat ngobras he..he..Kalau di indonesia kan banyak di pasar2 yg menjual jasa pengobrasan kain, kalau disinimana ada. Memang sih ga kelihatan dari luar tapi rasanya kadang kurang sreg kalau pas dibalik liat ada bekas guntingan kain yang serabutan. Jadinya perlu kerja tambahan menjahit bekas guntingan.

Di bawah saya uraikan cara pembuatan mukena, tapi karena ada banyak bagian, postingannya saya bagi 3 supaya ga berat tampilannya. Postingan pertama, akan saya bahas cara membuat sajadah dan hiasan bunga, postingan 2 cara membuat tas, dan postingan 3 tentang cara membuat atasan dan bawahan mukena.




Cara Menjahit Mukena Anak
Mukena Setelan Tas Anak

Cara Menjahit Mukena Anak
1. Siapkan kain flanel (atau kain lain yang agak tebal) ukuran 33x47 cm, atau bebas. Saya buat ukuran segitu karena sisa kainnya emang segitu :D dan kain biasa untuk renda lebar 7,5 cm panjang setidaknya 1,5 x keliling

2. Lipat kain B untuk renda menjadi 2 bagian secara horisontal seperti gambar di atas.Atur lipatan sehingga salah satu bagian lebih lebar dari bagian lain.


3. Kemudian posisikan kain untuk renda diatas kain flanel seperti gambar di bawah. Bagian yang diarsir adalah bagian belakang kain. Wiru kain renda sambil dijahit pas di perpotongan lipatan.

Lakukan mengelilingi pinggir sajadah.

Kemudian jika sekeli ling sajadah sudah dijahit, balik kain renda.
Lalu jahit lagi sekitar 0,5 cm dari perbatasan flanel dan renda .

Hati2, pastikan jahitan terakhir ini mencakupi kain renda bagian bawah.

4. Sajadah sudah jadi dan bisa dipasang bunga sebagai pemanis
Hiasan bunga



1. Siapkan kain persegi panjang berwarna putih (B) dengan ukuran 7x30 cm dan kain kuning (A) berbentuk lingkaran dengan diameter 4,5 cm
2. Ambil kain putih B, lipat 2 secara horisontal. Kemudian jahit manual dengan tangan.
Tarik/serut benang sehingga kain akan membentuk lingkaran dengan lubang kecil di tengahnya. Matikan benangnya, kemudian rapikan bagian sambungan dengan melipatnya ke dalam dan dijahit manual.

3. Ambil kain A, lalu jahit manual sepanjang pinggir lingkaran menurut garis.

Tarik/serut benang sambil dilipat sehingga pinggir lingkaran akan membentuk lingkaran kecil di tengah.

4. Jika sudah, kita tinggal menggabungkan kain A dan B. Tempelkan kain A (bagian yang dijahit diletakkan di dalam) di depan kain B kemudian jahit dengan tangan. Atur supaya hasil jahitan tidak terlihat dari luar.
Cara Menjahit Mukena Anak
Cara Menjahit Mukena Anak
Demikianlah ulasan singkat tentang bagaimana Cara Menjahit Mukena Anak ,dan mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam mengkreasikan seni dalam busana muslimah Anda


Artikel Menarik Lainnya :
Cara Memakai Jilbab
Model Busana Muslim Untuk Pesta
TIPS BERJILBAB CANTIK UNTUK ANAK





Judul Artikel:
Diterbitkan / Disunting Oleh:

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan Artikel yang di update oleh Blog Blog Fashion
Harap menyertakan http://bordirkawalu.blogspot.com/2012/01/menjahit-mukena-anak-sajadah-hiasan.html dan atau mencantumkan tautan Info Fashion Dan Lifestyle Terbaru 2015: Cara Menjahit Mukena Anak ini,bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.